Menjadi pengusaha

Sebagian orang berpendapat menjadi pengusaha adalah bakat, sisanya adalah kemauan dan kesabaran . Dulu kata Ayah saya, seseorang menjadi pengusaha/pedagang hanyalah karena ketiadaan pilihan hidup (walaupun dikemudian hari pendapat beliau berubah), artinya mereka tidak diterima disektor lapangan kerja.

Pada dasarnya ada 2 penyebab kenapa orang menjadi seorang pengusaha, pedagang atau biasa disebut bergerak dibidang wiraswasta.

1.Karena niat dari diri sendiri
2.Karena keterpaksaan

Pada dasarnya 80% orang berkecimpung didalam dunia usaha adalah karena alasan nomor dua. Dahulu, ketika pendidikan tinggi belum dapat digapai oleh seluruh lapisan masyarakat sebagian besar pengusaha yang adalah orang-orang yang tidak sempat mencicipi nikmat pendidikan tinggi. Disekitar tahun 70 sampai dengan akhir tahun 90, para konglomerati yang menguasai perekonomian Indonesia adalah faktanya. Boleh dikatakan justru orang-orang yang bekerja pada konglomerat tersebutlah yang menikmati pendidikan tinggi. (misal tenaga accounting, civil engineering etc). Para konglomerat tersebut kebanyakan adalah warga keturunan cina. Alasan terpenting kenapa mereka menjadipengusaha karena keterpaksaan adalah ;

  1. Warga keturunan tidak memperoleh akses pendidikan negeri.
  2. Adanya peraturan tidak tertulis yang melarang warga keturunan untuk menjadi PNS/ TNI/POLRI
  3. Birokrasi yang berbelit dalam kepengurusan hak-hak sipil

Karena ketiadaan pilihan tersebutlah kenapa orang cina perantauan cenderung melakoni dunia usaha.

Seorang teman, sesama wirasawasta pernah berkata pada saya,  “beruntunglah anda berniat menjadi pengusaha karena niat dan terjun dalam usia yang cukup muda, karena bila anda terjun diusia saya dan telah memiliki pengalaman kerja pada perusahaan besar kemudian usaha anda mengalami kemunduran akan ada sebercik penyesalan kenapa anda dahulu berhenti bekerja..” ujarnya.

Dari pendapat teman saya tersebut, mungkin bisa dikatakan beliau menjadi pengusaha adalah karena karena pilihan hidup. Tak dapat dipungkiri, setiap pengusaha yang sukses pernah mengalami kejatuhan, kegagalan yang mereka sebut sebagai proses pembelajaran..Namun karena ketiadaan pilihan lain,ketika mereka jatuh mereka akan tetap melanjutkan sahanya walaupun harus beralih dengan bentuk yang lain.

Memang untuk menjadi seorang pengusaha, adalah bukan pekerjaan yang gampang, tapi merupakan pilihan hidup yang penuh tantangan dan kaya akan petualangan.

Berikut adalah hal-hal yang harus dimiliki bila ingin menjadi pengusaha ;

  1. Percaya akan Allah dan segala kekuatanNya.
  2. Jujur
  3. Disiplin
  4. Mental dan Fisik yang kuat
  5. Semangat pantang menyerah.
  6. Sabar
  7. Kreatif
  8. Inovatif
  9. Tersenyum
  10. Leadership / Kepemimpinan

Pertanyaan selanjutnya adalah ; Kenapa mahasiswa ketika tamat orientasinya mencari kerja?

Masih ingat jaman awal2 kuliah? Atau brosur-brosur Universitas, Bimbingan belajar? Dahulu ketika saya tamat sekolah menengah atas saya membaca brosur dari perguruan tinggi swasta kira seperti ini.. “lulusannya mudah bekerja” atau “jurusan informatika, anda akan bekerja sebagai Network Administrator, Programmer, Analyst Sistem” disertai dengan tabel dan perkiraan gaji setiap jabatan. Bahkan ketika hari pertama kuliah saja seorang dosen pernah mengatakan kepada saya “anda belajar ilmu ini, bersyukurlah
anda karena dengan ilmu ini anda akan mendapatkan gaji kelak sekitar sekian dollar..etc

Jadi pada dasarnya adalah sistem pendidikan, doktrin-doktrin dan orientasi yang harus diubah.

Advertisements

One Reply to “Menjadi pengusaha”

  1. Put, sistem pendidikan harus sesuai dengan suatu telematika sosial yang berorientasi pada strukturalisasi fundamental landasan GLOBALISASI. jadi, intinya bahwa apabila bangsa Indonesia ingin berubah, kita harus menggunakan sistem pendidikan yang berbasis globalisasi. Globalisasi disini berarti kita tidak usah mempelajari hal-hal kuno atau primitif yang tidak berkaitan dengan globalisasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s