Share pengalaman gw 18 thn hidup dgn sinusitis (ODS= orang dengan sinusitis) heheheh

Pernah sakit sinusitis? sakit banget rasanya. Bagi yang muslim penderita sinusitis sulit melakukan gerakan sujud. Seluruh permukaan tulang wajah hingga kening serasa sakit tak terperikan, belum lagi nyut-nyutan akibat perbedaan tekanan udara diluar dan di sinus (lubang pori tulang wajah) yang menambah beban sakit yang luar biasa.

Agak nya kita bisa share disini bagi teman-teman yang menderita sinusitis. Saya sendiri telah mencoba berbagai macam jenis pengobatan. Diantaranya operasi pemotongan tulang hidung, jadi sekarang teman-teman tau donk kenapa idung ku rada pesek… , (ntu smuanya gara2 kerjaan Dokter THT. Aslinya mah idung gw lumayan mancung gan, kek bokap gw… :P) Operasi THT ini saya jalani 2 kali gan, yang pertama pemotongan tulang2 tertentu yang dianggap menghambat pada bagian hidung(1992), dan yang kedua selang 2 tahun (1994) penyedotan cairan yang terdapat pada rongga tulang wajah. Jujur bahasa kedokterannya saya tak begitu mengerti, karena ini hanya perkataan dokter kepada orang tua saya (yang saya ingat). Hingga saat ini gak ada perubahan yang berarti terhadap kesehatan saluran pernafasan saya.

Tahun 1995 saya melanjutkan SMA ke bandung, iklim bandung yang dingin dan jauh dibandingkan dengan iklim pesisir tempat tinggal saya sebelum nya pesisir utara sumatra, membuat penyakit radang sinus ini kumat lagi. Ketika di bandung perawatan terhadap penyakit sinusitis saya lakukan di RS Advent, karena rumah sakit tersebut adalah referensi dari kantor tempat ayah saya bekerja. Dirumah sakit ini, saya diberi alternative perwatan, disedot lagi ato dicekokin dengan antibiotik. Saya pilih yang kedua, soalnya sakit operasi masih menjadi trauma mendalam bagi saya. Hidung dipasangin tampon, minum susah karena posisi lubang hidung tertutup tampon, darah ngucur dan sakitnya gak sehari dua hari. Ternyata, terapi model antibiotik ini yang cocok bagi saya, beberapa teman pernah menyarankan untuk melakukan pengobatan alternative. Salah satu pilihannya adalah metode gurah, dan itu saya lakukan pada tahun 2006. Namun efek yang dirasakan tidak begitu memuaskan, yang jelas 2 hari setelah gurah muka saya bengkak gak karu-karuan. Tapi beberapa minggu setelah itu cairan yang biasa mengganggu pada bagian hidung terasa agak berkurang.

Saat ini, terapi yang paling baik yang saya rasakan adalah dengan menggunakan antibiotik dan beberapa obat penunjang yang diberikan oleh dokter keluarga saya. Buat teman-teman sesama penderita sinusitis, saran saya jangan pernah mau dioperasi, jangan pernah mau digurah (apalagi kalo lokasi dan ruangannya gak steril). Yang paling baik itu begitu dapat serangan flu, segeralah kedokter, karena flu adalah step awal mulainya radang sinusitis. Jangan pernah remeh kan flu.! langkah selanjutnya adalah berjemur & berolah raga dipagi hari dapat mengurangi penyakit ini.

Terakhir, nikmatilah penyakit ini, dan pelajari lah secara kualitatif tentang penyakit ini dan bagaimana mengahadapinya utamanya bagi tubuh anda sendiri…. Kenapa saya bilang kualitatif? karena tulisan saya ini hanya berdasarkan pengalaman dan mungkin hanya berlaku bagi tubuh saya. Pada beberapa penelitian link dibawah, tulisan saya dibantahkan. Berikut adalah link-link bermanfaat tentang topik yang sama.

Advertisements

50 Replies to “Share pengalaman gw 18 thn hidup dgn sinusitis (ODS= orang dengan sinusitis) heheheh”

  1. ane juga lagi kena sinus nih gan, malah dah bolak balik ke THT dianosanya sama,,dah nyampe POLIP, disaranin oprasi tapi ane blom brani (soal biaya juga blom brani :D) ane pake obat dokter, ga ngaruh, alternatip ramuan2 karna ane kurang tlaten n ga stiap saat drumah juga, jadi blom ad khasiatnya..
    n skarang lagi ngalamin nyut-nyutan yg sangat di daerah skitar wajah…
    nyiksa 😥
    tapi yakin ajah, itu salah satu cara Yang Kuasa buat ngapus dosa2 ane 😀
    n skarang ane blom ngonsumsi obat manapun lagi,,

    1. Woduhhh bahaya itu gank klu di biarkan ,, bisa2 jdi tumor itu sinus didalam .. Kalau saran saya coba kamu ambil daun lidah buaya terus tetesan getah.y di dlm hidung mu ,, insya allah akan mengempes ,,, saya sih juga belum pernah coba .. Tapi katanya khasiat.y bener ampuh gan

  2. Betul itu gan , gua juga prnh di operasi sinusitis tahun 2012 .. Dulu hidung saya mancung bnget , eh pas sdh di operasi hidung sblh kanan gua kyk adh goresan trus tulang hidung gua di potong sdkt ;( , kata.y gua sinusitis.y udh mencapai stadium 3
    .nyesal bngett

  3. maaf gan. buat meru dan aisyah… trus skarang gimana keadaanya ? saya juga sakit sakit sinusitis nih. mohon saran nya… triims

  4. Saya juga sinus sejak kecil. Alergi angin, hujan, dingin, dan debu. Tapi saya perhatikan, setiap kali saya lari pagi kalau sedang sinus, tiba-tiba hidung saya terasa hangat dan cairannya keluar sendiri dan setelah itu hidung saya plong.
    Dulu saya juga pernah operasi penyedotan cairan 2 kali, tapi tetap saja gampang sinus. Kebetulan saya berkesempatan sekolah di Melbourne. Ternyata karena saya setiap hari jalan kaki 6km sehari, saya tidak pernah sinus sama sekali selama di sana meskipun sering kena hujan, angin, dan dingin. Sayangnya pas kembali ke Jakarta, di kota ini tidak ada trotoar untuk saya jalan kaki, jadinya saya nggak jalan kaki lagi dan sinusnya kambuh lagi.

  5. Saya sakit sinusitis udah stadium 3, udah kronis, disuruh operasi takut gan :(, tapi kata dokter kalo ga operasi cairannya bisa masuk ke paru2/otak :(. Jadi en pasrah aja gan :v

  6. Saya sakit sinusitis udah stadium 3, udah kronis, disuruh operasi takut gan :(, tapi kata dokter kalo ga operasi cairannya bisa masuk ke paru2/otak :(. Jadi ane pasrah aja gan :v

  7. Ass, sy didiaknosis dokter THT terkena sinus. Tp sy bingung krna gejala sinus yg sering sy temukan di internet itu sakit kepala n tulang pipi. Nah kalau saya hanya flu yg terus menerus saja.. apalagi klo lg tidur pasti mampet.. udah pengobatan dr dokter sampe 5 minggu hasilnya gak ngaruh..

  8. Saya jg sakit sinusitis sejak 2 tahun lalu, kalo lg kumat nyiksa banget rasanya. Sejauh ini saya kasih antibiotik saja dr dokter, soalnya saya blm brani kalo harus sampai dioperasi 😦

  9. Adakah yg bnr2 sembuh setelah berobat k dokter?saya jg kena pnyakit sinustis nih.. spertinya sudah parah bgt,soalnya mukus’a sdh mulai berbau.. cma sblah kiri aja c yg sinus sblh kanan allhamdulilah tdk,sya bru minum antibiotik aja sma pereda rasa nyeri,share dong gan obat apa yg ampuh ?😭😷

  10. Ana jg didiagnosa sinusitis maxillary sama polyp nasi skrg malah keduanya kena, pengalaman ana operasi tumor di salah satu organ sih emang bener pasca operasi sakitnya Ya Allah!
    Trus ana jd nggaj mau operasi ini pdhdl harusnya dilakuin sepetember 2013 yg lalu…
    Krn operasi yg di wajah trus ana liat diinternet operasi ngebuka wajah ya? Naudzhubillah mindzaliikkkk jujur ana takut pesek dan takut jelek 😦 😦 :(…. Jd gimana nih gan ana udah pake herbal sampe antibiotik yg bikin pala ana muter dan tepar… Ana pasrah aja deh nggak tau lg sama implikasi k depannya.,

  11. Coba konsumsi Jelly Gamat Gold, aku udah pernah konsumsi lumayan hidung plong n’ nafas lancar, kayaknya mengecil polipnya, beras banget bedanya ama sebelum konsumsi, berhubung kurang telaten sekarang agak susah nafas lagi, ini mau mulai konsumsi Jelly gamat gold lagi, kl ada yg mau juga boleh order di aku, sebotol 140rb aja isi 500ml.

  12. makasih info nya, sob. skarang lagi kmat. tadinya mao di sedot. alhamdulilah udah baca info juragan. jadi berpikir seribu kali lagi. iya yang penting badan kita harus fit . iya jawaban nya cuma atu OLAH RAGA. Gmana skarang kawan masih sering kambuh g

  13. Sy juga mengalami hal yg sama, hidung tersumbat dan mengeluarkan cairan. Kadang hidung terZa panas. Ini sy rasanya 2 tahun blakangan ini. Dlm hidung ada benjolan putih dan susah bernafas. Nafas sdh mulai berbau jd tdk PD. Adakah obat herbal yg ampuh hilangkan benjolan ini tnpa operasi? Soalnya aku da mulai minder klu ngomong ma orang.. uda kerasa baunya klu bernafas

    1. Sama nafas juga berbau kalau bicara apalagi aq udah mulai kelas 3 SMA sampek skrng tetep aja gk sembuh” padahal udah pakek madu herbal propolis cuci hidung dan sebagainya dan setiap hari hidung q selalu tersumbat, bantu caranya gan buat nyembuhinya sampek akar”nya, trimz gan

  14. w udah 3 tahun skit sinus.. tapi hanya keluar lendir.. klo skit perih diskitar mata atau pipi itu jarang.. obatnya setau ane ga da di dokter.. saran ane ya.. hidup sehat dan sering olahraga.. obat yg sering ane bawa klo lgi kumat hidungnya cuman 1 yaitu arifin.. beli aja di apotek.. klo saya belinya biasa di kimia farma.. dijamin lgsg plong… itu aja saran dri saya yg bertahan dengan penyakit menahun ini.. semoga penyakit ini memberikan yg terbaik untuk kita ya.. karna klo berharap sembuh persentasenya kecil gan… tpi tetep optimis aja… tuhan tahu yang terbaik kok…

  15. salam kenal,saya juga baru kena pertama kali sinusitis ini,masih dalam pengobatan satu bulan terakhir ini,awal serangan sinusitis karena udara kotor,menjadi flu yg terus-terusan,berbau,kepala pusing,sakit di alis kiri,.jika agan mau coba saya minum obat china PE MIN KAN WAN alhamdulilah sekarang sudah hilang flunya,sekarang yang masih terasa nyut2an di alis aja yang belum hilang,terus berusaha dan berdoa untuk kesembuhan

  16. Saya juga penderita sinusitis gan,, saya sangat tidak mau untuk d operasi,,buat saya jadi minder,karna penyakit ini sudah menimbulkan bau yang tidak sedap,,, saya hampir putus asa untuk hidup,, tapi saya tak boleh menyerah untuk menyembuhkan penyakit ini,, sebelum saya terkena penyakit,, saya memiliki banyak teman,, dan sekarang,, saya kesepian karna penyakit ini menimbulkan bau,bagi yang udah sembuh total tanpa operasi,, mohon batuaannya semua,, bagi kita penderita sinus..

    1. Sabar ya gan saya juga mengerti perasaan agan, karna saya jga menderita penyakit seperti yg agan alami, hidung tersumbat alis mata nyut”an bau nafas bau mulut perasaan tdk Pede apalagi pas di ajak temen liat konser atau bioskop mau masuk ke gerombolan orng” aja minder banget karna tdk Pede, tapi jangan putus asa ya bray karna semua nya akan indah pada waktunya…

  17. Saya di sahkan sinusitis kronik karna hasil scan kliatAN banget.. di haruskan operasi. Tapi saya Blum mau di operasi karna tKUT. Saya ambil pengobatan alternatif akupuntur dan konsumsi propolis el prima dri tmpat pengobatan itu.
    2 minggu kemudian saya coba CT scan sinus dan hasil nya mengejutkan. Hasil scan smua bersih total.
    Jadi sya pikir ingin cari tau lebih lagi keadaan sinus sya. Esuk harinya sya dtg ke klinik tht dan di cek melalui endoscopy mcam alat panjang yg ujungnya ada kamera dmasukan keidung sya dan sya liat di layar komputer bneran bersih.
    Padahal esuk harinya tepathri jumat saya dh setuju mau di operasi kalo hasil nya positif.
    Syukur alhamdulillah sangat2……

  18. O iya gan.. sya kena sinus dah hampir 20 tahun.
    Kata dokter saya , bisa jdi karna ada gigi yg berlubang gan.. coba periksa dulu gigi kita yg penderita sinus. Karena saling berhubungan kata nya.
    Semoga tmen2 yg di sini jgn menyerah.
    Banyak berdoa aja gan yg penting kita juga berusaha buat nyembuhin sinus nya,
    Slalu pake masker hindari debu, asap rokok, makanan pedas, es, keju, susu, biar sinus nya gak bandel2 lagi..
    Semoga smua di beri kesembuhan.. amin ya RABB.

    1. itu diapain yah gan biar bisa sembuh total gitu? aku blm disuruh operasi tadinya, dikasih obat sama dokter tht di siloam, tp jdnya cuma ketergantungan,mkalo gapake obat ya tetep susah nafas kalo mau tidur, besok mau control lg kayanya udh disuruh operasi soalnya tambah parah skrg kalo gapake obat sebentar aja

  19. Kira2 ada gak yg berobat pake obat tradisional sampe benjolan polipnya hilang? Udah gak PD mau ngumpul bareng teman2 soalnya nafas lewat hidung jg uda bau.. sama kyk nafas lewat mulut.. jadi suka menyendiri. Di suruh operasi tp Takuttt 😭

  20. Operasi sinusitis sakit ga ya? Kita dibius atau engga? Saya penderita sinusitis kronis. + amandel hrs dioperasi. Tolong jawabannya :” saya takut mau operasi. Td diperiksa pakai alat endoscopy, sakit. Sampe ngeluarin air mata. Karena rongga hidung ditekan. Dibius apa engga ya kalo operasi? Emg kalo ga operasi bisa radang otak?

  21. saya juga sinus dan berbagi cerita dg teman2 :
    1. nafas bau
    2. cek ternyata sinus di sebelah kiri ( sdh foto )
    3. cek gigi, normal
    4. setelah dioperasi, diambil ingusnya yg di dalam pipi, nafas jd normal
    5. semingu lagi, foto, eh penuh lagi sinusnya
    6. sampai skrg bertahan, krn sy tdk mau cabut gigi krn gigi normal, hanya kata dokter kemungkinan akar gigi menembus batas sinus, jd ada infeksi sedikit, lama2 ingus menumpuk di pipi
    7 saya coba makan bawang merah mentah, hasil lumayan
    8 tp msh terasa ingus keluar dr dalam hidung ke tenggorokan ( posisi hidung kering )
    9. olahraga mengurangi sinus tp tdk menyembuhkan
    10. menghilangkan bau, bisa kumur dengan air garam, dan lewat tea pot, air hangat steril dicampur garam, dimasukkan lubang hidung kiri, air keluar di lubang hidung kanan, dan dilakukan sebaliknya
    11. sampai skrg sy belum foto lagi, namun gangguan sinus jauh berkurang
    terimakasih.
    saya jg masih mencar2 cara lain selain operasi dan cabut gigi.

  22. Waduh saya menderita polip udah 2 lubang hidung sudah ditumbuhi daging polip… yg aku rasakan sekarang sangat susah nafas biasanya nafas lewat tenggorokan sungguh sangat menyiksa pengen operasi tapi takut

  23. saya menderita sinus juga, sudah satu tahun .. sudah 10kali terapi uap dan laser dan akhirnya mutusin buat operasi karna setiap kambuh kepala leher dan hidung sakit. beberapa hari lalu saya mencoba alternatif herbal dgn cara gurah. tapi hasilnya wajah dan mata saya bengkak sampai akhirnya muncul darah di bola putih mata kanan kiri. saran saya coba konsul dengan dokter karna salah tindakan meski hebal bisa fatal dan sampai sekarang mata saya masih terdapat darah d kanan dan kiri
    … :’)

  24. Hai Kawan” sekalian aq tinggal di Surabaya umur q 23 thun kalau ada obat yg bisa membantu untuk menyembuhkan sinusitis secara tuntas tolong berbagi, karena banyak dari kami yg membutuhkan, sudah 5 tahun saya terkena penyakit alergi serta sinusitis mulai hidung tersumbat pernafasan tdk plong hidung dan mulut berbau tdk sedap mulut terasa pahit dan udah bolak” pergi di berbagai rumah sakit, obat serta tindakan dari dokter hanya sedikit membuahkan hasil ketika obat habis penyakit ini semakin parah, untuk yg sudah sembuh total tolong bagi Rahasia kepada temen kita di disini yg mencari kesembuhan

  25. Minta penjelasan, sya flu 5bln. Hidung nafas gk bisa plong. Apa itu pnyakit sinusitis?? Klo untuk sembahyang alhamdulillah kepala gk sakit.
    Mohon solusi nya

  26. Alhamdulillah tgl 12 mei 2017 saya operasi sinus untuk yang pertama kali dalam hidup saya,,ternyata operasi ga seseram bayangan kita koq dari pada sinus nya mengganggu terus lebih baik d operasi karena kita ga tau di dalam rongga sinus ada polip,tumor atau apapun gak sakit koq demi kesembuhan lebih baik d operasi aja,,apalagi klo dokter udah bilang harus d operasi sebaiknya d turutin demi kebaikan kita kawan2 karena dokter yang tau penyakit kita,,operasi nya gak lama sekitar 11/2 jam-2jam gk kerasa karena kita d bius total bangun2 udah selesai operasinya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s